Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung Tinggi

Supaya penyakit asam lambung tidak bertambah parah, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung tinggi. Salah satu alat pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia adalah lambung, berfungsi sebagai tempat mencerna makanan dan tempat penyerapan sari-sari makanan. Penyakit yang sering menyerang organ ini ialah asam lambung. Kondisi tersebut disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung menuju esofagus. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan rasa terbakar didada.

Rasa nyeri itu disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang pedas, sehingga kadar asam di dalam lambung tinggi dan mengakibatkan rasa sakit yang berat. Berikut adalah makanan-makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam lambung tinggi.

1. Makanan Yang Mengandung Banyak Gas
Makanan yang mengandung banyak gas lebih baik dihindari oleh penderita asam lambung tinggi, dikarenakan penderita asam lambung jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas akan membuat asam lambung menjadi naik. Contohnya : Sawi, Kol dan Nangka.

2. Makanan Asam
Makanan asam benyak mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag. makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi : cuka, asinan, acar dan buah asam.

3. Buah-Buahan Tertentu
Buah dengan jenis tertentu tidak boleh dikonsumsi bagi penderita maag atau asam lambung tinggi. Buah yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung keasaman yang tinggi, diantaranya: belimbing wuluh, kedongdong, nanas, belimbing dan mangga muda.

4. Makanan Pedas
Makanan yang memiliki rasa peas akan bisa membuat iritasi lambung. Seperti halnya cabai, sambal, saos cabai, saos tomat, makanan yang mengandung merica berlebih.

5. Makanan Berminyak Dan Berlemak
Makanan berminyak dan juga berlemak akan mudah mengiritasi lambung, hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Makanan berminyak dan berlemak yang tidak boleh dikonsumsi : gorengan, jeroan hewan, sayur tumis.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung, agar asam lambung yang anda rasakan tidak mudah kambuh dengan melakukan pantangan makanan tersebut. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga :  

0 Response to "Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung Tinggi"

Posting Komentar